Jumat, 28 Oktober 2016

Eksplorasi geolistrik

http://jualalatgeolistriknaniura.blogspot.co.id/ Pengukuran geolistrik terkait erat dengan geometri susunan elektroda arus serta mungkin yang dipakai. Sebagian konfigurasi elektroda yang umum dipakai yaitu Schlumberger, Wenner, Dipole-dipole, serta Gradient Array. Perkiraan distribusi resistivitas dengan cara horizontal atau lateral dari data sekunder sangat mungkin untuk lakukan pengukuran geolistrik dengan tehnik sounding atau profiling. Geolistrik sounding atau Vertical Electrical Sounding adalah satu diantara tehnik geolistrik 1-Dimensi yang lihat pergantian nilai resistivitas yang beragam pada kedalaman di satu titik. Konfigurasi elektroda yang umum dipakai yaitu konfigurasi Schlumberger. Macam pergantian nilai resistivitas dengan cara lateral bisa diliat dengan cara pas dengan tehnik geolistrik profiling atau geolistrik 2-Dimensi.

Tehnik pengukuran geolistrik di lapangan sudah berkembang dari pemakaian sepasang elektroda sumber arus serta sepasang elektroda penerima lain mungkin jadi sebagian elektroda sekalian (multi electrode). Tiap-tiap elektroda bisa berperan sebagai sumber atau penerima ketika spesifik. Pemakaian elektroda sejenis ini, bisa tingkatkan produktifitas serta menghimpit cost operasional lapangan.

Metoda geolistrik untuk eksplorasi sudah dipakai mulai sejak lama, terlebih untuk kebutuhan pertambangan. Dalam histori, pada th. 1910, dua bersaudara berkebangsaan Prancis, Conrad serta Marcel Schlumberger temukan kalau biji besi bisa dibedakan dari sekitarnya dengan mengukur karakter konduktivitas listriknya. Batuan yang memiliki kandungan biji besi ini semakin lebih konduktif dibanding batuan-batuan di sekelilingnya. Bila satu medan listrik bisa dialirkan kedalam tanah, pengukuran tegangan listrik di permukaan bisa digambarkan sebagai peta yang memberikan daerah-dearah yang mempunyai nilai mungkin listrik yang sama. Di th. 1912, Conrad coba metoda ini pada survey di tambang besi di sekitaran Caen, Normandy. Uji coba yang dikerjakan Conrad serta Marcel ini adalah cikal akan metoda electrical well logging dari perusahaan Schlumberger.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar