Minggu, 09 Agustus 2015

Gunung Tangkuban Parahu

Paket wisata bandung murah ke Gunung Tangkuban Perahu sebagai maksud wisata popular di lokasi Bandung serta sekitarnya ini mempunyai sangat banyak peminat baik itu wisatawan lokal ataupun asing. Disamping lantaran namanya yang telah tersohor lantaran legenda Sangkuriang, Gunung Tangkuban Perahu memang obyek wisata di Bandung yang sangatlah Indah sekali. Gunung Tangkuban Perahu adalah salah satu gunung yang ada di Propinsi Jawa Barat, Pulau Jawa, Indonesia.

Berjarak seputar 20 km menuju ke arah utara yaitu Kota Bandung, dengan rimbun serta banyak pohon pinus dan hamparan hijau kebun teh yang ada di sekelilingnya, Gunung Tangkuban Parahu mempunyai ketinggian kira-kira yaitu seputar 2. 084 mtr..

Bentuk dari gunung ini yaitu Stratovulcano dengan mempunyai pusat erupsi yang senantiasa beralih dari timur ke barat. Type dari bebatuan yang dikeluarkan melalui letusan dari gunung ini umumnya yaitu lava serta sulfur, mineral yang banyak dikeluarkan yaitu seperti sulfur belerang, mineral yang dikeluarkan pada saat gunung tengah tak aktif yaitu uap belerang.

Gunung Tangkuban Parahu

Gunung Tangkuban Perahu


Daerah lokasi wisata Gunung Tangkuban Perahu dikelola oleh Perum Perhutanan. Tingkat suhu rata-rata pada sehari-harinya yaitu seputar 17 derajat celcius pada saat siang hari serta bersuhu seputar 2 derajat celcius saat malam hari. Gunung Tangkuban Parahu juga mempunyai lokasi rimba Dipterokarp Bukit, rimba Montane, rimba Dipterokarp Atas, dan Rimba Ericaceous atau rimba gunung.

Asal-usul Gunung Tangkuban Parahu
Asal-usul dari Gunung Tangkuban Parahu senantiasa berkenaan dengan suatu legenda Sangkuriang, yang pada kisahnya sudah jatuh cinta pada ibunya sendiri yang bernama Dayang Sumbi. Lalu untuk untuk menggagalkan gagasan serta kemauan anaknya sendiri untuk menikahinya, Dayang Sumbi memberi prasyarat supaya Sangkuriang bisa bikin suatu perahu dalam kurun saat semalam.

Pada saat usahanya telah tidak berhasil, Sangkuriang lalu geram serta lalu menendang perahu 1/2 jadi yang dibuatnya itu yang kemdudian mendarat dalam situasi terbalik. Perahu yang sudah di tendang Sangkuriang inilah yang lalu membuat suatu Gunung Tangkuban Parahu.

Status Gunung Tangkuban Perahu
Gunung Tangkuban Parahu ini masih tetap termasuk juga dalam kelompok gunung berapi aktif yang statusnya selalu dipantau selalu oleh Tubuh Direktorat Vulkanologi Indonesia. Di antara sebagian kawahnya juga masih tetap tunjukkan sinyal tanda dari aktifnya gunung ini. Sebagian sinyal dari kesibukan gunung berapi ini yaitu seperti timbulnya gas belerang dan sumber-sumber air panas yang ada di kaki gunungnya, salah satunya yaitu yang ada di kasawan Ciater, Subang.


Wisatawan yang bertandang ke Gunung Tangkuban Perahu
Kehadiran dari gunung ini dan bentuk dari topografi Bandung yang seperti cekungan dengan adanya banyak bukit serta gunung pada tiap-tiap sisinya makin memperkuat teori bahwa ada suatu telaga besar yang saat ini adalah lokasi Bandung.

Beberapa pakar geologi yakini bahwa lokasi dataran tinggi Bandung yang mempunyai ketinggian kira-kira seputar 709 m diatas permukaan air laut yaitu sisa-sisa dari danau besar yang terbentuk disebabkan pembendungan Ci Tarum oleh letusan gunung berapi purba yang di kenal dengan nama Gunung Sunda serta Gunung Tangkuban Parahu cuma adalah bekas dari Gunung Sunda purba yang hingga saat ini masih tetap aktif.

Fenomena seperti ini dapat juga dipandang pada Gunung Krakatau yang ada di Selat Sunda serta lokasi Ngorongoro yang ada di Tanzania, Afrika. Hingga legenda dari Sangkuriang yang disebut suatu cerita orang-orang yang ada lokasi itu dipercaya yaitu suatu dokumentasi dari orang-orang yang hidup di lokasi Gunung Sunda Purba pada beragam momen pada saat itu.

Rutel Perjalanan Aksesibilitas Dengan Kendaraan
Rute jalan agar bisa hingga di lokasi obyek wisata Gunung Tangkuban perahu bisa melalui pintu tol Pasteur, lali dilanjutkan menuju ke Jl. Dr. Djunjunan – lanjut lagi dengan jalan ke Pasirkaliki – lalu melalui Sukajadi – Setiabudi – Lembang lantas Anda bakal hingga ke tempat Wisata Gunung Tangkuban parahu (Gerbang sisi Atas).

Apabila Anda keluar dari pintu tol Padalarang (melalui Cipularang), dapat mengambil arah menuju ke Cimahi lalu belok ke arah kiri serta lewat Jl. Kolonel Masturi, lantas lanjutkan saja ikuti jalan Kolonel Masturi hingga pada ujungnya (lewat lokasi kecamatan Cisarua serta kecamatan Parongpong, Kab. Bandung Barat), lalu pada saat Anda telah bersua dengan pertigaan Jl. Raya Lembang, teruskan dengan pilih jalan belok kiri serta selalu saja ikuti jalan serta melalui markas Brimob dan lain-lain. Pada saat Anda telah melalui plang Tahu Tauhid yang ada di samping kiri jadi seputar 200 mtr. lagi Anda bakal hingga di Gerbang akses menuju ke wisata kawah Gunung Tangkuban Perahu (ada di kiri jalan).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar