Kamis, 02 April 2015

Wisata di Situ Cileunca Pangalengan Bandung

Wisata di Situ Cileunca Pangalengan Bandung. SITU Cileunca adalah daerah tempat wisata danau buatan, terdapat di Desa Wanasari, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung. Danau yang di bangun dengan membendung Sungai Palayangan ini mempunyai luas 180 hektare berjarak 45 km dari Kota Bandung. Pada th. 2012, danau ini direvitalisasi dengan musyawarah antarpemilik warung serta pemerintah supaya berlangsung kesesuaian pada alam serta warga pencari rejeki disana.

Pengunjung dari Bandung bisa berkunjung ke situ memakai kendaraan dari arah Buah Batu, Dayeuhkolot, Baleendah, Bojongsoang, Pemeungpeuk, Banjaran berbelok ke kiri serta pada akhirnya tiba di Kecamatan Pangalengan.

Pemerintah Belanda membendung Sungai Palayangan pada th. 1919. Pembangunan situ usai pada th. 1926 oleh Juragan Arya serta Mahesti. Maksud pembuatan danau ini yaitu untuk penuhi keperluan air bersih Bandung serta sekitarnya. Pada th. 2007, pemerintah mencanangkan pengefektifan pemakaian Situ Cileunca juga sebagai sumber air bersih.

Wisata di Situ Cileunca Pangalengan Bandung

Pelaksanaan sepanjang tujuh th. ini mempunyai narasi lokal yang unik, tuturnya banyak pekerja yang memakai halu dengan kata lain palu, dari pada memakai cangkul.

Saat tiba di ruang situ, akses jalan segera dari gerbang situ, masuk memarkir kendaraan, panorama situ beserta pohon-pohon segera di sajikan. Suhu yang cukup dingin, dengan kisaran 20 derajat Celcius, jadi kesejukan sendiri. Pada th. 2013, Situ ini jadi salah satu tujuan pemerintah dalam program penanaman satu miliar pohon serta jadi prestasi Kabupaten Bandung. Tidak sama dengan lokasi wisata yang luas serta tinggi yang lain, angin bertiup dengan lembut, mungkin saja dikarenakan oleh lokasi situ yang dikelilingi gunung. Ticket yang di tawarkan juga cukup murah, seharga Rp 10. 000 untuk sebagian sarana wisata yang bisa dipakai.

Sarana wisata yang ada di areal situ yaitu perahu, ruang perkemahan serta flying fox. Perahu kayu dengan mesin penggerak motor disewakan pas di depan ruang perkemahan. Perahu mengantarkan pengunjung melingkari situ yang mempunyai kedalaman seputar 17 mtr.. Saat melingkari situ, bisa tampak ruang pohon-pohon hijau di pesisir danau, menaikkan pesona beningnya air danau.

Ruang perkemahan tidaklah perkemahan biasanya, disiapkan tenda memiliki ukuran besar (10x5 mtr.) yang bisa dipakai untuk acara kumpul besar seperti reuni. Ketika Tribun berkunjung ke Situ Cileunca, ada rombongan besar mahasiswa suatu kampus negeri di Bandung yang tengah mengadakan suatu acara. Sorak sorai membahana dari beberapa mahasiswa yang tengah ikuti suatu permainan serta yang lainya tengah ditatar dalam persiapan untuk ikuti rafting serta arung jeram.

Flying Fox disediakan pas di samping jalan raya. Berdekatan dengan akses pintu masuk ruang situ, diatas ketinggian seputar 20 mtr. dari permukaan air danau, disediakan menara flying fox. Pada awal mulanya, peserta disuruh untuk mengikat tali semasing. Instruktur berikan misal sesaat peserta mengikat talinya sendiri. Butuh di perhatikan bahwa tali sebaiknya kuat serta benar dalam ikatannya, supaya tak berlangsung kekeliruan serta kecelakaan yg tidak di idamkan. Tali tambang menghubungkan menara dengan pinggir danau. Peserta meluncur dari menara serta mendarat pas di tepian danau yang mempunyai kedalaman 30 cm.

Untuk yang memerlukan kamar mandi, baik untuk yang berenang ataupun cuma butuh ke toilet, disiapkan dua buah kamar mandi d ruang Situ Cileunca, yakni di dalam ruang perkemahan serta di dekat gerbang masukJika Anda membuthkan paket rafting bandung yang murah di Situ Cileunca, jangan lupa pilih Gravity Adventure saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar